Senin, 09 Februari 2009

CAKAR AYAM PADA PROYEK AIRPORT CENGKARENG 16 Nopember 1983


Apron Cakar Ayam pada terminal A dilihat dari Menara Kontrol yang juga sedang dalam tahap konstruksi.
Dua buah tabung beton yang akan ditanamkan ke tanah sebagai bagian dari konstruksi Cakar Ayam. Seorang Engineer yang berdiri disebelahnya bisa dipakai sebagai pembanding besarannnya. Perhatikan pembesian pipa tersebut yang tidak terlalu besar ( diameter 12mm)
Alat besar ( traktor) yang dikanan adalah bor tanah untuk membuat lubang bagi tabung beton cakar ayam yang ditanam oleh alat besar di sebelah kiri. Keduanya dirancang khusus untuk mempercepat pembuatan konstruksi Cakar Ayam


Beberapa foto diatas memperlihatkan tahap pembangunan bandara Cengkareng .
Terlihat Jelas dibagian Apron di bangunan terminal 1 ribuan lubang lubang yang terbentuk dari tabung tabung Cakar Ayam yang ditanamkan ketanah sebagai bagian dari konstruksi Cakar Ayam. Konstruksi ini membentuk tidak kurang dari 312.522 meter persegi apron buat terminal 1 ( di kemudian hari ditambah lagi 564.000 m2 apron pada terminal 2) .
Di Cengkareng ini juga dibangun Runway (2x 60m x 3600m) , taxiway ( total 388.241 m2) dan jalan akses tol ( 4 jalur 17 km) yang semuanya menggunakan system konstruksi Cakar Ayam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar